Thursday, May 5, 2011

Basic English Course (BEC)

Posted by Unknown on 9:14 PM


Mr. Kalend O (Director of BEC)
          Diantara ratusan kursusan yang berada di Kampung English, BEC adalah satu - satunya kursusan yang tertua dan terlama serta terkenal disana. kursusan yang didirikan oleh Bapak Kalend. O pada tanggal 15 Juni 1977 ini merupakan kursusan yang pertama kali ada di Kampung English. Kebanyakan para alumni BEC mendirikan kursusan di sekitan BEC atau di wilayah Kampung English.

     Syukur alhamdulillah, aku bisa merasakan bangku kursusan disana pada tahun 2005 dengan 400 teman lainnya dari berbagai daerah tepatnya pada bulan Maret sampai Agustus. Pada saat itu aku berada di TC 89 MAM - JJA. Program Belajar di BEC yaitu:






1. BASIC TRAINING CLASS ( BTC )
    - Program awal jika anda belajar di BEC Pada program ini berorentasi pada pemahaman dasar speaking / basic speaking. Lama belajar selama satu bulan. Materi yang dipelajari menitikberatkan pada pemabahasan 16 tenses. Evaluasi belajar melalui tiga hal , ujian harian ,ujian akhir tulis , setiap Jum’at ujian lisan. Pada minggu pertama selama satu bulan setiap siswa baru wajib mengikuti program tutorial. Tutorial program menitikberatkan dasar –dasar penyusunan kalimat dalam speaking. Tutorial dibimbing oleh peserta program MS. Masuk kelas selama lima hari dalam seminggu setiap Senin s.d. Jum’at. Setelah mengikuti program belajar di kelas mereka harus mengikuti program study club. Setiap malamnya selama seminggu dua kali mereka wajib mengikuti program nightly speaking.

2. CANDIDATE OF TRAINING CLASS ( CTC )
    Program lanjutan dari BTC dan persiapan menuju program CTC. Lama belajar di CTC selama dua bulan. Pada program CTC siswa dituntut untuk menghafal New Concept English book unit 1-15. Pada program ini materi yang ditekankan pada siswa bisa memahami kalimat pasif / Passive Voice dan kalimat langsung / tidak langsung ( Direct Indirect ). Masuk belajar sama dengan BTC setiap Senin s.d. Jum’at. Setiap hari jum’at , mereka wajib mengikuti program meeting dan ujian lisan.Setelah selesai program kelas mereka wajib mengikuti program study club dan nightly speaking. Pengajar menyampaikan materi di kelas dengan dua bahasa , bahasa Inggris dan Indonesia Prosentase penyampaian materi 50% bahasa Inggris dan 50%bahasa Indonesia. Setiap senin dan kamis , mereka wajib menghafal dan membuat percakapan dari buku New Concept English. Akhir program CTC terdapat program Closing Meeting , Final New Concept dan Final Written Exam.

3. TRAINING CLASS ( TC )
    Merupakan program akhir yang ditempuh selama tiga bulan. Program ini menitik beratkan pada speaking , grammar , writing dan listening. Penyampaian materi di kelas 100% berbahasa Inggris. Dalam keseharian baik dalam dan luar kelas mereka wajib berbahasa Inggris 100%. Masuk belajar selama enam kali dalam seminggu ( senin – sabtu ). Program menghafal dan membuat percakapan dalam buku New Concept English tetap ada. Meeting program dilaksanakan dua kali seminggu pada bulan pertama ,  dan pada bulan kedua setiap sabtu pagi.Ditempuh untuk menentukan kelulusan .Pada akhir bulan ketiga diadakan ujian akhir bertemu dan praktek dengan orang asing di Candi Borobudur. Akhir program akan diadakan Farewell Party / Perpisahan dan Heart to Heart / sharing.

yang membedakan kursusan ini dengan kursusan lain adalah Para siswa harus berpakaian bebas pantas bersepatu, Sanggup dan aktif mengikuti program dan Khusus bagi muslimat diwajibkan berjilbab

Ini adalah fhoto - fhoto temanku TC 89








1 comments:

tengkyu makadam.... matur suwoon....

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site